Inilah Video Jadul Kereta Uap Lembah Serayu Tahun 1896

Posted by Unknown On 1 comments
Mampir di youtube, saya nemu video dukumentasi Serajoedal Stoomtram Maatschappij atau perusahaan kereta uap lembah Serayu. Serajoedal Stoomtram Maatschappij adalah sebuah perusahaan kereta api yang melintasi lembah kali Serayu dan menghubungkan Maos, Patikraja, Purwokerto, Sokaraja, Purbalingga, Klampok, Mandiraja, Banjarnegara dan Wonosobo. 


Namun pembangunan jalur ini tidak dibangun secara bersamaan, tapi dijadikan 3 tahap. Pembangunan jalur Serajoedal Stoomtram Maatschappij menelan biaya sebesar 1.500.000 Gulden dengan pimpinan Ir.C.Groll. jalur kereta ini dibangun atas dasar kepentingan ekonomi Belanda, dengan memberikan fasilitas transortasi yang cepat dan murah untuk perusahaan-perusahaan pemerintah Belanda.

Kereta ini digunakan oleh Pabrik Gula (Suikerfabriek) seperti Pabrik Gula purwokerto (Suikerfabriek Poerwokerto), Perusahaan Gula Kalibagor (Suikeronderneming Kalibagor), Pabrik Gula Kalimanah (Suikerfabriek Kalimanah), Pabrik Gula Bojong (Suikerfabriek Bodjong)dan Perusahaan Gula Klampok (Suikeronderneming Klampok) Perkebunan Tembakau; Patikraja, Purbalingga, Banjarnegara dan Wonosobo. Perkebunan Kayumanis; Wonosobo dan Banjarnegara.



Tahap pembangunan jalur kereta ini meliputi tiga tahap yitu;
Tahap pertama jalur Maos - Purwokerto Timur sepanjang 29 km diresmikan pengoperasinya pada tanggal 16 Juli 1896. Rutenya Maos-Rawalo-Panisinan-Tinggartugu-Glempong-Tinggarjengkol-Gringging- Sampang-Kebasen-Patikraja-Sidabowa-Tanjung-Purwokerto Timur. Kemudian jalur Purwokerto Timur-Sokaraja sepanjang 9 km diresmikan pengoperasinya pada tanggal 5 Desember 1896. Rutenya Purwokerto Timur-Pasar Wage-Sangkalputung-Sokaraja-Perusahaan Gula Kalibagor. Jalur Sokaraja-Purworeja Klampok sepanjang 16 km diresmikan pengoperasinya pada tanggal 2 Juli 1897. Rutenya Sokaraja- Banjarsari-Muntang-Karangkemuri-Kemangkon-Purworeja Klampok.
Purworeja Klampok-Banjarnegara sepanjang 30 km diresmikan pengoperasinya pada tanggal 18 Mei 1898. Rutenya Purworeja Klampok-Gandulekor-Mandiraja-Purwonegoro-Gumiwang-Binorong-Mantrianom-Pucang-Wangon-Banjarnegara.

Tahap kedua jalur Banjarsari-Purbalingga sepanjang 7 km diresmikan pengoperasinya pada tanggal 1 Juli 1900. Rutenya meliputi Banjarsari-Jompo-Kalimanah-Purbalingga.
Tahap ketiga pembangunan rel jalur Banjarnegara-Selokromo sepanjang 19 km diresmikan pengoperasinya pada tanggal 1 Mei 1916. Rutenya meliputi Banjarnegara-Sokanandi-Singomerto- Sigaluh-Prigi-Bandingan-Bojonegoro-Tunggoro-Selokromo.
Kemudian pembangunan jalur Selokromo-Wonosobo sepanjang 14 km diresmikan pengoperasinya pada tanggal 7 Juni 1917. Rutenya meliputi Selokromo-Krasak-Selomerto-Penawangan-Wonosobo. 
Demikian lah sobat, jika info ini berguna, silahkan kasih komentar. Oh ya jangan lupa untuk melihat video jadul lainnya di blog ini ya?
(sumber: wikipedia.org)

1 comments:

Anonymous said...

bagoes mas..

Post a Comment