Video Pelestarian Gamelan Cirebon di Amerika

Posted by Unknown On 3 comments
Secara pribadi saya malu ketika melihat video ini. Betapa tidak, saya yang notabene orang Jawa harus jujur mengakui bahwa saya tidak dapat memainkan, apa lagi melestarikan seni gamelan, jika dibandingkan dengan orang-orang yang ada di video ini, yang notabene adalah orang luar.

Video ini merupakan video kesenian gamelan yang ditampilkan oleh Group Gamelan “Sinar Surya” pimpinan Ricard North yang berasal dari Santa Barbara Amerika Serikat. Grup ini merupakan seni organisasi yang berdedikasi untuk melestarikan, mengajarkan musik Gamelan tradisional kepada para anggotanya.



Menurut laman gamelansb.com, nama "Sinar Surya" berarti Sinar Matahari, mengacu pada motif matahari bersinar digambarkan pada Gong besar berdiri dari dua orkestra gamelan yang indah. Sebuah pengingat dari tanah tropis yang hangat di mana gamelan musik lahir, dimana tampaknya iklim tersebut mirip dengan iklim yang cerah menyenangkan Santa Barbara. Secara spiritual,"Sinar" bisa dikatakan melambangkan energi positif memancar keluar dari suara Gong yang nyaring tersebut.

Tuh, sob? Orang luar aja mau melestarikan budaya asli kita. Lalu kenapa kita tidak bisa?

3 comments:

Dayz said...

mantap mas, saya jadi tertarik ama gamelan ini, tpi sayangnya di kota saya sulit dpat tempat buat belajar ginian :)

Unknown said...

Makasih mas Dayz komentarnya. Memang begitulah kita hari ini, terutama saya sendiri sebagai anak muda dari Banyumas bahkan tidak bisa memainkan alat seni tradisional satu pun. Oh ya, Mas aslinya mana?

Unknown said...

Owh...ternyata om-dayz yah? Hihihiiii jadi malu, templatenya tak pake om...

Post a Comment